1. Analisis Perlindungan Hak-Hak Masyarakat Adat Jelaskan bagaimana hak-hak masyarakat adat diakui dan dilindungi oleh hukum Indonesia. Apa saja ketentuan hukum yang melibatkan partisipasi masyarakat adat dalam pengelolaan sumber daya alam dan perlindungan lingkungan? Jawab: Hak-hak masyarakat adat diakui dan dilindungi oleh hukum Indonesia melalui: a. Konstitusi Pasal 18B ayat (2) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat serta hak-hak tradisionalnya. b. Undang-undang Pemerintah telah mengeluarkan berbagai undang-undang dan peraturan yang mengatur hukum adat, seperti Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA). c. Pengadilan adat Beberapa wilayah di Indonesia memiliki pengadilan adat atau lembaga hukum adat yang ditunjuk oleh pemerintah. d. Reformasi hukum...
metode rekayasa perangkat lunak pendekatan berorientasi objek model Extreme Programming (XP). Paradigma pembangunan
mencakup seperangkat aturan dan praktik yang terjadi dalam konteks kerangka
empat kegiatan yaitu: perencanaan, desain, coding, dan pengujian. Keempat aktivitas inilah yang akan menghasilkan
sebuah perangkat lunak yang didasari
dengan konsep model Extreme Programming.
(Pressman 2010).
Gambar dibawah ini selain memberikan
kesimpulan bagaimana penggunaan Extreme
Programming, akan dijelaskan mengenai empat konteks tersebut secara lebih
detail. Berikut
adalah tahapan -tahapan dalam kerangka kerja
Extreme Programming :
Kerangka Kerja Extreme Programming
1.
Perencanaan (Planning)
Dalam tahap ini dikumpulkan kebutuhan awal user atau dalam XP
disebut user stories. Hal ini dibutuhkan agar pengembang mengerti bisnis
konten, kebutuhan output sistem, dan fitur utama
dari software yang dikembangkan. Tahapan ini untuk menganalisa kebutuhan
dari sistem tersebut untuk dapat digunakan sesuai dengan user requirement atau user
stories.
2.
Desain (Design)
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Desain dari sistem pada penelitian ini digambarkan dengan model UML
berupa use case diagram, activity diagram, dan relation table. Pembuatan
desain pada XP tetap mengedepankan prinsip Keep it Simple (KIS). Desain
disini merupakan representasi dari sistem guna mempermudah pengembang dalam
membangun sistem. Desain ini
dimaksudkan untuk mempermudah pengembangan sistem nantinya.
3.
Coding
Proses melakukan coding system (pengkodean perangkat lunak) oleh Programmer/Software Engineer sesuai dengan
planning dan design yang telah dibuat
sebelumnya.
4.
Testing
Tahap ini akan menggunakan unit test
yang sebelumnya telah dibuat. Karena pembuatan dari unit test adalah pendekatan
utama dari XP. Dalam melakukan
pengujian, penulis menggunakan 2 teknik pengujian yaitu pengujian white box.
Pada tahap pengujian black box, dilakukan pengujian setiap unit
test, maksudnya melakukan pengujian integrasi antara input dan hasil output
yang sesuai semestinya terjadi.
bagus
ReplyDelete