Foto ilustrasi PT Sumber Alfarian Trijaya Pengadilan Negeri Tangerang, pada dasarnya adalah sengketa yang terkait dengan perlindungan konsumen. Mustolih adalah seorang konsumen yang berbelanja di Alfamart, sebuah toko yang dikelola PT SAT. Sedangkan PT SAT adalah pelaku usaha di bidang ritel. Baik Mustolih maupun PT SAT, keduanya tunduk pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pertanyaan : Terkait kasus tersebut bahwa didalam perlindungan konsumen terdapat dua istilah hukum, yakni hukum konsumen ( consumer law ) dan hukum perlindungan konsumen ( consumer protection law protection law protection law ) merupakan bidang hukum baru dalam akademik dan praktik penegakan hukum di Indonesia (Shofie, 2011). Menurut analisis Anda, apakah sama hukum konsumen dengan hukum perlindungan konsumen jika keduanya tunduk pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan mengapa dua bidang hukum tersebut sulit untuk dipisahkan! Berdasarkan
ANALISA
A. ANALISIS UMUM
Kegiatan pekerjaan
di DCC Lampung masih banyak menggunakan pengelolaan secara
manual salah
satunya pengelolaan
dan penyimpanan
data inventaris barang. Dalam pengelolaan data inventaris barang
hanya dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan buku besar yang digunakan untuk mencatat barang-
barang yang ada. Semua keterangan mengenai barang inventaris kantor dicatat
dalam
suatu buku besar.
B. ANALISA
SISTEM
1.
Proses 1 (Pendataan Inventaris)
Petugas melakukan pendataan
barang
inventaris dan
memberikan kode menurut jenis
inventaris
apakah itu inventaris
barang, bangunan, kendaraan dan juga kode ruang dimana
inventaris
tersebut
disimpan/ dipakai.
Dari
proses pendataan
ini mendapatkan lima database
yang digunakan
sebagai
penyimpanan
data-data yang sudah dimasukkan yaitu data barang, data tanah, data
emsin, data gedung
atau bangunan, data kendaraan dan data ruang.
Setelah
pendataan inventaris maka petugas akan mendapatkan laporan mengenai
data inventaris yang telah
diinputkan.
2.
Proses 2 (Proses Mutasi)
Petugas akan memberikan kode inventaris yang dimiliki. Kemudian Kepala
Rumah Tangga akan memberikan data-data
inventaris untuk jenis
inventaris yang akan dimutasi. Dari proses ini akan mendapatkan data- data
inventaris dari arsip penyimpanan data
inventaris. Jika terjadi mutasi
barang
maka petugas
akan melakukan cek
barang apakah
barang tersebut ada atau tidak, jika barang
tersebut sesuai dengan arsip
maka petugas akan
memberikan data-data inventaris
yang akan dimutasi tetapi apabila tidak sesuai dengan arsip yang
ada
maka proses akan berhenti dan
tidak ada proses
mutasi.
3.
Proses
3 (Proses Laporan)
Petugas memberikan data
inventaris kedalam proses laporan yang
kemudian akan diberikan
kepada pimpinan sebagai
laporan data inventaris untu setiap bulannya.
C. PERANCANGAN SISTEM
Penulis mencoba untuk membuat suatu sistem
informasi inventaris
barang di DCC Lampung. Sebelumnya penulis mempelajari sistem yang ada dan menemukan
beberapa kelemahan diantaranya sistem yang digunakan masih sangat sederhana, catatan mengenai barang-barang
di tahun-tahun sebelumnya sebagian sudah tidak ada lagi,
apabila
ada
pihak yang membutuhkan sulit untuk mencari keterangan dimana dan apa saja data barang yang dibutuhkan serta untuk pembuatan laporan yang
dibutuhkan sangat sulit.
Oleh karena
itu penulis mencoba menganalisa dari sistem pengelolaan secara
manual untuk diusulkan dalam pembuatan dengan sistem yang terkomputerisasi
tentu dengan kelebihan dan kemudahan dalam setiap mendapatkan informasi yang
dibutuhkan dari penginventarisan barang di DCC Lampung.
D.
PERMASALAHAN
Permasalahan
yang terjadi pada pada DCC Lampung beberapa diantaranya sistem yang digunakan masih sangat sederhana, catatan mengenai barang-barang
di tahun-tahun sebelumnya sebagian sudah tidak ada lagi,
apabila
ada
pihak yang membutuhkan sulit untuk mencari keterangan dimana dan apa saja data barang yang dibutuhkan serta untuk pembuatan laporan yang
dibutuhkan sangat sulit.
E. SOLUSI ATAS MASALAH
Yaitu dengan membuat
sistem yang terkomputerisasi semua proses pendataaan barang inventaris akan tersimpan di database,
dan sistem pelaporannya setiap ahir bulan, pimpinan langsung bisa mengakses
dari komputer secara langsung, pengarsipan data dari inventaris setiap tahunny
baik laporan maupun penambahan serta pengurangan aset dapat di ketahui dengan
mudah.
download perancangannya disini!!!
Comments
Post a Comment